Berburu peralatan menyelam di pameran Deep & Extreme 2016

1 Apr

Pameran yang bertemakan outdoor activity ini berlangsung dari tanggal 31 Maret s/d 3 April 2016 bertempat di JCC Senayan, bagi kalian yang berjiwa petualang akan sayang sekali kalau tidak menyempatkan datang.

welcome to the event of Deep & Extreme 2016

welcome to the event of Deep & Extreme 2016

Pameran penggiat aktivitas selam

Sejak awal tahun ini saya mulai belajar freediving di kolam renang Cikini namun masih memakai alat pinjaman, tentunya pameran ini menjadi kesempatan emas buat memiliki peralatan sendiri, ditambah lagi dengan banyaknya tawaran diskon menarik. Saya berencana ingin membeli mask, long fin, dan wetsuit.

Saya datang di hari pertama (kamis 31 Maret), sepulang kantor langsung meluncur ke sana. Tiket masuk hanya Rp 25.000 per orang. Perbandingan booth yang menawarkan kegiatan selam jauh lebih banyak dibanding yang lainnya, mungkin ada sekitar 75%nya.

Di luar pintu masuk terdapat kolam dalam wadah tertutup yang bisa dilihat dengan kaca dari sisi depan dan sampingnya, kolam ini digunakan untuk mereka yang ingin mencoba sensasi menyelam ditemani ahlinya.

kolam selam outdoor di depan pintu masuk

kolam selam outdoor di depan pintu masuk

Masuk ke bagian dalam, terdapat booth yang menjual peralatan panjat tebing lengkap dengan kegiatan panjat tebing indoor untuk belajar memanjat ditemani ahlinya. Ada juga booth yang menawarkan berbagai peralatan penunjang seperti sendal gunung, hammock, tas ransel, action camera, multi tools, dan sebagainya.

area panjat tebing indoor

area panjat tebing indoor

Masuk ke ruangan utama di Cendrawasih Hall, barulah mulai dipenuhi booth yang menawarkan peralatan selam, dilengkapi juga dengan wisata travel yang menawarkan dive trip ke tempat-tempat favorit penyelaman yang tersebar di nusantara.

lokasi diving favorit di Indonesia versi majalah Scuba Diver

lokasi diving favorit di Indonesia versi majalah Scuba Diver

Sertifikasi freediving

Saya mampir mengunjungi booth Apnea Bali karena saya tertarik ingin mengambil sertifikasi freediving saat nanti ada waktu luang. Saya sebelumnya sudah banyak membaca review dari tripadvisor kalau mereka memiliki reputasi yang bagus dalam melatih freedive dan lagi tempat latihan open water mereka berada di lokasi USAT Liberty ship wreck di Tulamben. Di booth ini saya dijelaskan dengan detail oleh Nora Lestari, pemegang beberapa rekor wanita dari Indonesia untuk beberapa disiplin dalam kompetisi freediving.

booth Apnea Bali

booth Apnea Bali

Kalau tertarik mengambil sertifikasi untuk scuba diving tinggal mengunjungi booth PADI maupun SSI, penawaran diskonnya menarik untuk dicoba.

booth Professional Association of Diving Instructors

booth Professional Association of Diving Instructors

booth Scuba Schools International

booth Scuba Schools International

Saatnya berburu peralatan

Selanjutnya saya mulai berkeliling di hall utama ini untuk hunting barang. Banyak pilihan wetsuit mulai dari harga murah hingga yang mahal dari berbagai merk. Saya tertarik datang ke booth Mares oleh penjual Lautan Mas, selain diskonnya lumayan, produknya juga keren, tidak heran banyak pengunjung yang memadati booth ini. Saya tertarik dengan wetsuit Mares type Coral setebal 0,5mm karena selain bahannya tidak terlalu tebal, juga cocok untuk perairan di Indonesia yang cenderung hangat, harganya pun masih terjangkau yaitu Rp 1,1 juta.

harga promo wetsuit Mares

harga promo wetsuit Mares

Selain Mares, ada wetsuit yang membuat saya tertarik yaitu Subgear, namun harganya lebih mahal. Bila anda mencari wetsuit custom yang sudah pasti pas sesuai ukuran tubuh bisa memesan langsung di booth Nemo maupun Sea Gods, warna maupun modelnya pun bisa disesuaikan keinginan, harganya mulai dari Rp 2 jutaan.

booth Sea Gods

booth Sea Gods

Untuk produk long fin, saya tertarik dengan yang ditawarkan di booth Mares, yaitu Mares Razor Pro dan Mares Instinct Pro, setelah baca review ternyata Razor Pro cukup direkomendasikan, selain itu harganya pun pas di kantong. Harga yang ditawarkan Rp 2,1 juta namun sepaket dengan mask Mares Tana beserta snorkelnya, bila ambil fin saja harganya hanya Rp 1,5 juta.

promo paketan fin Mares Instinct Pro dan Mares Razor Pro

promo paketan fin Mares Instinct Pro dan Mares Razor Pro

fin carbon Subgear type s1 & s2 berharga Rp 3 s/d 5 jutaan

fin carbon Subgear type s1 & s2 berharga Rp 3 s/d 5 jutaan

Untuk mask, saya mencari yang low volume dan mudah buat equalize. Dari saran teman dan beberapa review yang saya baca, disana terdapat pilihan mask Aqualung Micromask seharga Rp 1,1 juta dan mask Subgear Steel Comp seharga Rp 835.000. Sayangnya mask Aqualung Sphera dengan silikon hitam yang juga ingin saya incar sedang kosong, adanya Aqualung Sphera dengan silikon yang transparan.

mask Aqualung Micromask

mask Aqualung Micromask

mask Subgear Steel Comp

mask Subgear Steel Comp

Keunikan si Pari Manta dari Raja Ampat

Di booth pariwisata Raja Ampat, saya tertarik mengamati infografis yang menjelaskan tentang ikan Pari Manta (Manta Ray), di gambar itu dijelaskan bahwa Pari Manta hanya ada dua jenis di dunia yaitu Oceanic Manta dan Reef Manta, uniknya kedua jenis pari tersebut dapat ditemui di perairan Raja Ampat. Ini menjadi cita-cita saya ingin mengunjungi Raja Ampat suatu saat nanti untuk bisa menyelam dan berfoto bersama Manta Ray yang dilindungi ini.

booth pariwisata Raja Ampat

booth pariwisata Raja Ampat

infografis seputar kehidupan ikan Pari Manta

infografis seputar kehidupan ikan Pari Manta

Tips datang ke pameran ini:

1) Tentukan dahulu apa yang ingin kita cari supaya kita bisa memperkirakan budget yang diperlukan. Karena saya ingin membeli peralatan freediving tentunya saya sudah membaca banyak review dari produk yang ingin saya beli, di sana tinggal mencobanya satu persatu apakah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh review dari internet. Lebih bagus lagi kalau kita sudah pernah mencobanya langsung di kolam renang dengan meminjam punya teman.

2) Karena tidak tersedia fitting room, jadi bagi yang berminat membeli wetsuit hanya bisa diperkirakan ukuran badannya, kalau ingin mencoba sebaiknya memakai baju dan celana ketat supaya bisa dipakai double dengan wetsuit yang diinginkan.

3) Pastikan anda mencoba mask dan fin yang anda beli, apakah sudah pas dengan ukurannya, jangan memaksakan bila anda tidak menemukan ukuran yang pas, lebih baik beli model yang lain asal tetap nyaman digunakan. Untuk fin ada ukuran nomor kakinya, sedangkan untuk mask tidak tersedia (one size for all).

4) Sebaiknya datang di pagi hari supaya masih sepi dan leluasa mencari barang. Saat datang di hari pertama saja pengunjungnya sudah membludak, saya sempatkan untuk survey beberapa barang dan harganya, lalu hari Sabtu pagi saya datang lagi untuk langsung membeli pilihan yang sudah saya tentukan.

5) Kalau barang yang anda cari ada dan sesuai budget, jangan ragu untuk langsung beli. Pengalaman saya yang datang hari Sabtu tapi sayangnya kebanyakan barang yang saya mau sudah laku atau tinggal tersisa yang ukurannya tidak pas. Tapi jangan takut, bila stok barang di pameran sudah habis, kita masih bisa membeli di toko dengan harga diskon pameran dengan syarat bayar DP dahulu. Kalau tidak sempat datang ke toko, mereka juga menyediakan opsi untuk dikirim via kurir.

6) Diskon untuk barang yang dijual sepaketan jauh lebih murah daripada diskon untuk barang satuan. Biasanya ditawarkan sepaket peralatan yang terdiri dari mask, snorkel, dan fin. Namun harus cermat memilih karena bisa jadi fin cocok namun mask tidak pas sehingga tidak nyaman digunakan. Kalau memang serius dan memiliki budget lebih, disarankan membeli peralatan yang dijual satuan.

Info pameran Deep & Extreme

Jadwal pameran mulai dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam. Tiket masuk harian Rp 25.000 per orang, namun kalau ingin datang setiap hari sebaiknya beli tiket terusan seharga Rp 60.000 untuk empat hari sekaligus.

Jadi, bagi kalian yang menggemari aktivitas outdoor, sayang rasanya bila memiliki waktu luang namun tidak datang ke pameran ini karena ada banyak info maupun penawaran menarik yang bisa membawa kita ke dunia baru yang belum pernah kita jelajahi sebelumnya.

4 Responses to “Berburu peralatan menyelam di pameran Deep & Extreme 2016”

  1. Xiaolongjr July 18, 2016 at 4:07 pm #

    bang menurut anda fin dan mask freediving terbaik apa aja ya? Terima kasih bang, blognya sangat menghibur dan mendidik.

    • iwayful July 19, 2016 at 8:51 am #

      fin terbaik yg terbuat dari bahan serat carbon walaupun saya belum pernah nyoba hehe, tapi emang katanya lebih responsif, harganya juga paling mahal dibanding bahan-bahan lainnya.

      mask terbaik beda-beda buat setiap tipe muka, yg terbaik buat saya belum tentu cocok kalo dipakai di muka orang lain. yg penting cari mask yg low volume. kalau mask rekomendasi saya bisa coba mask Aqualung Sphera & Subgear Steel Comp.

      btw, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini :)

  2. Fajar Vikri Al Qamar October 13, 2016 at 10:03 am #

    tanya dong cressi atau mares untuk longfin??

    • iwayful October 14, 2016 at 9:19 am #

      saya pilih mares karena menurut review lebih nyaman di kaki dan saya sudah membuktikannya :)

Leave a Reply

