Quick response code pada kantong semar

26 Jan

Quick response code atau biasa disingkat QR code adalah suatu gambar berbentuk kotak-kotak hitam putih yang berfungsi untuk menyimpan data. Fungsinya sama seperti barcode (kode batang), hanya saja barcode memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat memuat kode berbentuk huruf dan simbol, tidak dapat menampung banyak data, serta tidak dapat dibaca oleh kamera ponsel.

Yang membedakannya lagi, QR code ini berbentuk 2 dimensi, tidak 1 dimensi yang dibaca memanjang seperti halnya pada barcode. Barcode hanya menyimpan informasi secara horizontal, sedangkan QR code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal sehingga dapat menampung lebih banyak informasi.

contoh barcode atau kode batang

contoh barcode atau kode batang

Barcode memerlukan alat scanner khusus untuk membacanya sedangkan QR code dapat dibaca dengan ponsel yang memiliki aplikasi pembaca QR code dan memiliki akses internet/wi-fi untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via QR code tersebut.

Penggunaan barcode sudah sangat meluas sekali, contohnya dapat anda temui pada berbagai label produk yang dijual di supermarket. Di Indonesia, QR code pertama kali diperkenalkan oleh koran Kompas, dengan adanya QR code ini pembaca mampu mengakses berita yang lebih lengkap melalui ponselnya.

Anda pun bisa membuat QR code sendiri dengan mudah melalui berbagai website yang menyediakan QR code generator secara gratis, anda hanya perlu googling untuk bisa menemukannya.

QR code untuk situs blog ini

Gambar di atas merupakan contoh QR code dari alamat blog ini, saya membuatnya melalui QR code generator di situs goqr.me.

Selain menyimpan alamat situs, QR code juga dapat menyimpan teks sehingga anda dapat sekedar iseng bermain mengirimkan pesan secara rahasia pada teman anda, contohnya pada pesan rahasia di bawah ini.

dapatkah anda membaca pesan rahasia ini?

dapatkah anda membaca pesan rahasia ini?

Lalu apakah hubungannya QR code dengan blog ini yang berkaitan dengan tanaman???

Ide awal saya menulis tema ini muncul saat melihat kantong nepi yang bercorak indah seperti corak yang ada pada QR code. Ternyata keindahan ciptaan Allah ini telah menghasilkan QR code yang terdapat pada kantong tanaman nepenthes beribu tahun lamanya jauh sebelum QR code ini ditemukan oleh manusia. Hanya saja belum ada alat scanner yang mampu membaca kode pada kantong nepi tersebut. Seandainya saja kode ini bisa terbaca mungkin dia akan menceritakan sejarah hidupnya.

QR code pada corak kantong nepenthes burbidgeae

QR code pada corak kantong nepenthes vogelii

Tips untuk membaca QR code melalui ponsel blackberry, anda bisa membukanya melalui aplikasi blackberry messenger, lalu tekan tombol menu (logo BB), setelah muncul menu pilihan lalu tekan “Scan BBM Group Barcode” dan tekan “Start Scanning” sambil anda arahkan ponsel anda ke gambar QR code tersebut. Anda harus terhubung dengan internet untuk bisa mengaksesnya.

Kalau anda ingin membukanya melalui komputer/laptop/tablet, anda bisa menuju situs zxing.org/w/decode.jspx untuk meng-upload gambar QR code yang telah anda simpan tersebut dan membaca isi datanya.

Selamat mencoba :)

20130126 06

2 Responses to “Quick response code pada kantong semar”

  1. adebastian January 27, 2013 at 9:43 am #

    Way itu koleksi nepe keren

    • iwayful January 27, 2013 at 7:51 pm #

      itu koleksi nepe punya orang mas, bukan punya saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: