Review lensa fix Canon EF 50mm f/1.8 II

7 Jan

Anda pernah mendengar pertanyaan tentang telur dan ayam, mana yang lebih dulu ada?

Cerita saya kali ini mirip dengan kisah di atas, tidak jelas hasrat mana yang lebih dulu muncul. Apakah mulai hobi bertanam dahulu baru menggeluti dunia fotografi, ataukah sebaliknya?

Yang jelas keduanya kini selalu mengisi waktu luang saya di akhir pekan. Tidak lengkap rasanya bila setiap weekend nya saya lewati tanpa mengabadikan pertumbuhan tanaman yang ada di hutan konservasi saya.

Berbekal kamera DSLR Canon 450D yang telah saya miliki sejak beberapa waktu yang lalu, saya bereksplorasi untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik, setelah membaca review di beberapa website akhirnya saya pun memutuskan untuk mengganti lensa kit (Canon EF-S 18-55mm) dengan lensa fix Canon EF 50mm f/1.8 II dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang mumpuni.

IMG_0022

Sabtu lalu (29 Des) saya pun langsung menuju ke toko kamera rekomendasi teman saya di ITC Permata Hijau lantai 3 yaitu di Mitra Kamera, pelayanannya ramah dan memuaskan. Saya diperbolehkan terlebih dahulu untuk mengetes lensa ini. Setelah yakin, saya pun membeli lensa ini seharga Rp 850 ribu.

Esoknya saya langsung membuktikan kehebatan lensa ini dengan para foto model yang sudah siap berpose di hutan konservasi saya. Ini dia beberapa hasilnya..

50mm, f/1.8, 1/250 sec

Pertama saya mengetes kualitas bokeh (gambar blur/buram) dan hasilnya bagus sekali. Pada foto di atas tampak sang model si Kastuba (Euphorbia pulcherrima) terlihat sangat tajam fokusnya, sedangkan foreground dan background nya tampak bokeh sekali dan sangat lembut warnanya karena saya menggunakan bukaan diagframa terbesar di f/1.8.

50mm, f/2.5, 1/60 sec

Berikutnya saya mengetes kualitas ketajaman hasil foto yang diambil dari jarak terdekat yaitu 45 cm dari objek. Pada foto di atas tampak calon daun baru Eyi (Platycerium ridleyi) yang masih melingkar terlihat sangat jelas sekali, kualitas warna yang dihasilkannya pun tampak sangat alami dan cerah.

50mm, f/6.3, 1/30 sec

foto Nepi ini telah di crop dari foto di atas
dan hasilnya tetap tajam walau sudah di zoom

Pada tes ketiga saya membuktikan bahwa kualitas ketajaman gambarnya sangatlah baik bahkan setelah gambar tersebut di crop dan di zoom tetap memperlihatkan ketajamannya. Pada gambar di atas dapat terlihat jelas rambut halus pada kantong si Nepi dan guratan pada bibirnya yang seksi sekali.

Dari hasil tes tersebut, saya merasa cukup puas dengan hasil yang didapat dibandingkan dengan harga yang telah saya keluarkan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya temui pada lensa ini.

Kelebihan:

1) Kelebihan utama lensa ini adalah harganya yang paling murah dibanding lensa Canon jenis lainnya, namun menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa.

2) Beratnya sangat ringan sekali, hanya 130 gram, memudahkannya untuk dibawa bepergian ke mana saja.

3) Memiliki bukaan diagframa yang besar hingga f/1.8 sehingga masih bisa digunakan di tempat yang pencahayaannya temaram. Dengan f/1.8 kualitas hasil bokeh nya pun sangat halus sekali.

Kekurangan:

1) Lensa ini belum memiliki fitur Image Stabilizer sehingga untuk mendapatkan ketajaman gambar yang maksimal perlu diatur kecepatannya di atas 1/60 detik (1/FL) agar getaran tangan kita saat memegang kamera tidak terlalu terlihat pada hasil gambarnya nanti.

2) Bahan luarnya yang terbuat dari plastik membuat lensa ini lebih rentan dan mudah rusak bila terjatuh.

3) Karena ini lensa fix jadi tidak memiliki fitur zoom sehingga untuk itu kita perlu mengatur zoom secara manual, yaitu dengan memaju-mundurkan kameranya dengan objek yang ingin difoto.

4) Fitur auto-focus nya sulit digunakan di tempat yang temaram, saya biasanya mengeset fokus secara manual untuk menyiasatinya.

4) Lensa ini tentu saja akan kalah bila dibandingkan dengan lensa Canon 50mm sejenis yang memiliki kualitas di atasnya, yaitu Canon EF 50mm f/1.4 USM dan Canon EF 50mm f/1.2 L USM yang tentu saja harganya juga jauh lebih mahal.

Demikian review singkat saya kali ini, semoga bisa menambah wawasan anda. Pada ulasan berikutnya saya akan membahas trik mengubah lensa ini menjadi lensa macro sehingga bisa digunakan untuk memotret objek dengan jarak fokus yang sangat dekat sekali.

2 Responses to “Review lensa fix Canon EF 50mm f/1.8 II”

  1. adebastian January 13, 2013 at 9:34 pm #

    Beli di daerah mana ya?

    • iwayful January 13, 2013 at 10:47 pm #

      di daerah kemang bisa ke JPC dan toko camzone, kalo saya beli di daerah permata hijau

Leave a Reply

