Membuat pohon Natal recycle

25 Dec

Hari Natal telah tiba, kurang lengkap rasanya bila menyambutnya tanpa hiasan pohon Natal di rumah anda. Walaupun saya tidak ikut merayakannya, namun tidak ada salahnya bila saya ikut memiliki pohon Natal juga, walaupun hanya “seadanya”.

Kali ini saya akan berbagi tips memanfaatkan barang yang mungkin sudah tidak terpakai untuk di-recycle (daur ulang) dan dijadikan pohon Natal. Yang anda perlukan hanyalah ranting pohon, pot ukuran sedang, media tanam, hiasan Natal, dan yang terpenting.. kreativitas!!!

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan ranting pohon, semakin banyak cabang di ranting tersebut akan semakin bagus. Saya menggunakan beberapa ranting dari pohon jeruk nipis. Lalu taruhlah ranting tersebut di tengah pot yang telah disiapkan.

Selanjutnya, isi pot tersebut dengan media tanam, sebaiknya gunakan media tanam yang kering seperti arang kayu ataupun cacahan pakis. Saya lebih suka menggunakan cacahan pakis karena bisa diisi sampai potnya menjadi padat, jadi ranting tersebut dapat berdiri tegak.

hiasan bola kawat dan lampu LED untuk pelengkap pohon Natal recycle

Supaya lebih meriah, jangan lupa menambahkan hiasan untuk digantung di pohon dan juga lampunya. Saya hanya membeli hiasan berupa bola kawat berwarna merah serta lampu LED berbentuk bintang berwarna merah juga. Untuk semakin menambahkan kesan recycle, bisa juga ditambahkan hiasan lain seperti buah cemara asli dan serpihan gabus putih untuk menghadirkan efek salju yang menempel di batang pohon.

pohon Natal recylce siap ditaruh di sudut ruangan

Kini anda pun telah memiliki pohon Natal recycle yang “seadanya”. Namun jangan berkecil hati bila tidak ada pohon Natal mewah di rumah anda, yang terpenting adalah kehangatan berkumpul di tengah keluarga bersama saudara maupun teman dekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: