Paket kiriman Eyi dari Bandung

8 Oct

 

Platycerium ridleyi (Eyi) yang berasal dari hutan Kalimantan merupakan tanaman eksotis dari keluarga pakis. Bila kalian menyukai tanaman tanduk rusa, kurang lengkap bila anda tidak mempunyai jenis yang satu ini. Namun ternyata lumayan sulit untuk mencari Eyi di tukang tanaman hias, kebanyakan mereka hanya menjual tanaman tanduk rusa jenis biasa yaitu Platycerium willinckii (Java Staghorn Fern) yang memiliki daun menjuntai ke bawah seperti gambar berikut ini.

Platycerium willinckii

Dari beberapa nursery di Jakarta yang saya datangi, Eyi pernah saya temukan di Taman Anggrek Indonesia Permai dan Taman Anggrek Ragunan, dan kadang juga ditawarkan saat pameran tanaman hias seperti di Pameran Flona 2012 lalu. Harga yang ditawarkan lumayan mahal. Bila anda hanya sekedar menyukai tanaman ini tentu akan berpikir dua kali untuk membelinya, namun bila anda memang berhasrat mengoleksi tanduk rusa tentu Eyi merupakan jenis yang wajib anda miliki.

Ternyata selain dijual di nursery, Eyi juga ditawarkan secara on-line melalui website antara lain lewat Kaskus maupun Facebook. Harga yang ditawarkan pun ternyata juga sangat bersaing dibanding nursery yang pernah saya datangi di Jakarta.

Jumat lalu (05/10) saya memesan Eyi dari Rijal, orang Bandung yang saya kenal lewat Facebook. Harga yang dia tawarkan bisa saya bilang cukup terjangkau. Pelayanannya juga memuaskan, dia bersedia memfoto terlebih dahulu semua koleksi Eyi yang akan dia jual. Pengirimannya pun boleh kita tentukan sendiri, bisa lewat Tiki, Pos, ataupun pengiriman lainnya.

Untuk menghemat ongkos pengiriman, saya memilih saran dia untuk mengirim paket dengan Baraya Travel. Sekedar info, Baraya merupakan travel yang melayani rute Jakarta-Bandung bertarif murah dibandingkan travel lain seperti Cipaganti, Daytrans dan sebagainya. Tarif yang berlaku saat ini di Baraya untuk sekali jalan hanya Rp58.000.

Selain untuk travel, Baraya juga melayani pengiriman kargo dengan biaya Rp25.000 untuk 1 kg pertama dan tambahan Rp3.000 untuk setiap kilogram berikutnya. Hanya saja untuk pengambilan paketnya harus diambil ke pool Baraya tertentu, tergantung yang anda inginkan di tempat terdekat yang paling mudah anda jangkau.

Lanjut cerita, setelah saya setuju untuk membeli dua Eyi ukuran medium dan telah membayar lunas lewat transfer ATM, Rijal langsung mengirimkan paketnya dari Bandung jam 14.00. Paket tersebut sampai di Baraya pool Bekasi sekitar jam 18.00 di hari yang sama. Untuk mengambil paket cukup mudah, hanya menyebutkan nomor resi dari nota pengirim paket, setelah itu Eyi pun siap saya bawa pulang. Ini pertama kalinya saya membeli tanaman lewat kiriman paket.

si Puss ngga sabar mau ikut ngeliat isi paketnya

Karena telah malam dan lelah, saya akan membuka paket Eyi besok pagi saja sekalian saya dokumentasikan untuk bahan cerita di post kali ini. Tidak sabar rasanya menunggu datangnya pagi. Dari tampilan luar, kardus seberat 4 kg yang digunakan ini tertutup dengan rapi tanpa ada celah.

Kini saatnya membuka..

Di bagian atas tertutup dengan tumpukan koran lecek, lalu di bagian bawahnya masih ditambah lagi dengan potongan koran. Supaya memudahkan pengeluaran dan tidak merusak daun Eyi, kardus saya gunting di semua sisinya.

paket Eyi tertutup tumpukan koran

tambahan potongan koran untuk melindungi si Eyi

sobek semua sisi kardus supaya Eyi tidak rusak saat pengambilan

Yippiee.. kini Eyi pun bisa bebas menghirup udara segar kembali setelah semalaman tertutup dalam ruangan gelap tanpa udara. Beberapa daunnya terlihat sudah melemas.

kini Eyi sudah bisa menghirup udara bebas kembali

Saya pun langsung menyiramnya dengan sprayer dan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, tidak beberapa lama kemudian daunnya mulai terlihat tegak dan kini tampilannya sudah segar kembali. Ternyata yang membuat paket tersebut berat adalah papan pakisnya, beratnya hampir mencapai 3 kg.

Esoknya saya pun membawa kedua Eyi ini ke hutan konservasi di halaman belakang rumah saya di Meruya untuk bertemu dengan koleksi Eyi lainnya.

Karena kedua Eyi ini baru berpindah habitat dari Bandung yang beriklim sejuk ke Jakarta yang beriklim panas, untuk beberapa minggu ke depan akan saya semprotkan dengan larutan vitamin B1 untuk memudahkannya beradaptasi, serta menaruh beberapa tambahan kulit pisang di atas bonggolnya agar semakin membuatnya sehat.

koleksi Eyi di hutan konservasi di halaman belakang rumah saya (tiga yang bawah adalah penghuni lama dan dua yang atas pendatang baru dari Bandung)

Terima kasih Rijal dari Bandung atas kiriman Eyi-nya..

17 Responses to “Paket kiriman Eyi dari Bandung”

  1. wayan darma October 8, 2012 at 8:41 am #

    Kl koleksi ridleyi sy cm 70 pcs aja. slm knl dr denpasar

    • iwayful October 8, 2012 at 9:42 am #

      wow nambah banyak aja nih koleksinya bli, kemarin katanya ada 60 pcs sekarang sudah jadi 70 pcs.
      pasti butuh waktu khusus ya untuk merawat semuanya.
      boleh nanti kita tukeran tips pengalaman melihara eyi.
      salam kenal juga bli.

  2. moh yazib October 10, 2012 at 12:35 pm #

    Wah kayaknya tertarik nih…. Bagus tuh tanamannya. Oya kalo boleh tahu berapa sih harga ridleyinya atau mungkin yang ukuran kecil nya juga

    Terima kasih
    Yazib

    • iwayful October 10, 2012 at 1:25 pm #

      harga yg dia tawarin sekitar Rp100-200 ribuan tergantung ukuran dan kondisi tanaman.
      untuk lebih jelasnya bisa kontak langsung ke Rijal di link facebooknya yang saya cantumin..

  3. adebastian January 3, 2013 at 8:01 am #

    kayanya saya mending beli yg kecil aja

  4. sari November 27, 2013 at 10:57 am #

    pak minta alamat facebook “rijal” boleh??? saya coba klik tidak bisa

    • iwayful December 1, 2013 at 3:46 am #

      sudah saya coba klik masih bisa tuh, di fb namanya dia judy heresy

      • elok damayanti March 18, 2015 at 12:02 pm #

        Pak, saya suka sekali hasil jepretan Bapak….saya juga jatuh cinta dengan Platycerium….dan kalau boleh meminta no telp pak Rijal dan yang di kalimantan….maturnuwun

      • iwayful March 19, 2015 at 8:55 am #

        sudah saya reply via inbox ya

  5. Hadi parjono January 9, 2015 at 7:51 pm #

    Saya sudah ikutan beli Eyi ke pa Rijal waktu tgl 8 Oktober 2014, saya kontak pa Rijal lewat hp. Eyi nya bagus sehat sampai sekarang, rajin keluarin daun baru baik yg fertil maupun yg steril, sehingga penampilanya hijau terus, cakep

    • iwayful January 11, 2015 at 3:23 am #

      bikin blog juga dong pak, ceritain tentang hobinya terutama hobi ngoleksi tanaman unik seperti eyi dan kawan-kawannya :)

  6. qiqi February 19, 2015 at 4:49 pm #

    Selamat sore pak iway. Maaf pak, bapak tinggal di bekasi ya? Saya bukan kolektor eyi, tapi saya hobi berkebun di halaman kecil depan rumah saya. Saya sedang mencari 2 eyi tegak seperti di atas. Apabila boleh, apakah saya dapat membelinya dari bapak? Terimakasih sebelumnya. Salam. Qiqi

  7. Fahri June 1, 2015 at 11:35 am #

    Siang Pak Iway, mohon berkenan share hp nya Pak Rijal ke email saya ya. Terimakasih

    • iwayful June 3, 2015 at 9:02 am #

      maaf saya sudah tidak punya no hp beliau, untuk komunikasi bisa langsung kirim message ke facebooknya di link saya cantumkan :)

  8. Boukin August 3, 2016 at 5:15 am #

    Haiiii ….. mohon dishare contact person tempat anda membeli Eyi di Bandung. Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: