Platycerium wandae

13 Sep

Mahkota adalah suatu benda yang sakral karena posisinya berada di atas kepala yang merupakan tempat tertinggi dari tubuh manusia. Selain itu hanya seorang raja dan ratu saja yang pantas dan selayaknya menggunakan mahkota ini.

Salah satu jenis platycerium yang akan saya bahas kali ini adalah platycerium wandae. Spesies ini berasal dari wilayah Papua New Guinea. Dalam bahasa Inggris dikenal juga dengan sebutan queen elkhorn fern. Disebut queen atau ratu karena bentuk mahkota dari daun ini yang berwarna hijau terlihat indah sekali seperti mahkota yang berada di kepala sang ratu.

platycerium wandae berukuran besar

Wandae memiliki dua jenis daun yaitu daun steril dan daun fertil. Daun steril tumbuh tegak ke atas, melebar dan melingkari permukaan badannya, bentuknya seperti mahkota. Bila dilihat dari atas, terdapat celah lebar yang terbentuk dari lingkaran daunnya, celah ini berfungsi untuk menampung air maupun daun kering yang jatuh ke dalamnya sehingga memberikan kelembaban dan nutrisi dari kompos daun yang membusuk.

queen elkhorn fern

Daun fertil biasanya baru akan muncul setelah wandae berukuran sangat besar, tumbuhnya menjulur ke bawah, di ujung bagian bawah belakang daun ini terdapat bubuk spora untuk perkembangbiakannya.

platycerium wandae berukuran sedang

Wandae merupakan salah satu jenis platycerium terbesar karena dapat tumbuh selebar hingga dua meter lebih pada bagian mahkotanya, sedangkan daun yang menjulur ke bawah juga dapat tumbuh sepanjang dua meter lebih.

koleksi wandae saya yang berukuran sedang

Wandae dapat ditempelkan pada papan pakis ataupun ditaruh di dalam pot. Wandae yang saya miliki masih berukuran sedang, selebar 15 centimeter dan setinggi 30 centimeter. Karena ditempatkan di pot, daun sterilnya tumbuh melingkar hingga menyerupai mahkota. Daun fertilnya belum muncul karena ukuran wandae ini masih belum terlalu besar.

koleksi wandae saya yang berukuran kecil

Agak sulit membedakan platycerium wandae dengan platycerium grande dan platycerium superbum sebab ketiganya memiliki bentuk yang hampir serupa. Ketiga jenis platycerium ini dapat tumbuh sangat besar sekali bahkan bisa melebihi ukuran tubuh manusia dewasa.

koleksi platycerium wandae yang terdapat di Taman Anggrek Indonesia Permai

Perawatan wandae tidak jauh berbeda dengan si Eyi. Penyiraman perlu dilakukan pagi dan sore hari, sedangkan pemupukan bisa dengan pupuk organik maupun pupuk slow release. Sebaiknya menaruh wandae di tempat yang ternaungi namun cukup terkena pembiasan cahaya matahari.

One Response to “Platycerium wandae”

  1. adebastian January 1, 2013 at 9:46 am #

    Bagus juga ya. Tapi menurut saya masih bagusan eyi deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: