Menanam pakis

25 Jul

Setiap orang pasti ada suatu hal yang membuatnya menjadi terobsesi untuk melakukan sesuatu.
Selalu ada yang pertama untuk segalanya..
Mungkin itulah ungkapan yang tepat saat saya pertama kali mulai menyukai tanaman pakis.

Cerita ini bermula saat saya sedang berjalan-jalan di Gramedia Matraman, sambil menghabiskan waktu di akhir pekan, saya pun berniat mencari buku ringan yang bisa menghilangkan stres setelah seminggu penuh bekerja.. hingga tibalah saya di lorong buku-buku peternakan dan perkebunan.
Setelah puas membaca sekilas, saya pun membeli buku yang berjudul Menanam Pakis (Easy Fern) oleh Urai Chiramongkolgarn.

Secara keseluruhan isinya cukup lengkap untuk orang awam maupun pemula seperti saya, mulai dari sejarah tanaman pakis yang telah ada sejak jaman prasejarah, cara merawat pakis, hingga keluarga pakis. Buku ini juga dilengkapi dengan foto dan ilustrasi yang menarik.

Pakis adalah tanaman berdaun indah yang berlimpah dan bisa kita temui dimana saja, terutama di tempat yang lembap, tanaman ini bahkan bisa tumbuh dengan sendirinya sehingga kadang dijuluki tanaman liar.

Kecintaan saya pada tanaman pakis ini terletak pada bentuk daunnya yang unik, setiap jenis pakis memiliki bentuk daun yang berbeda-beda, namun sayangnya pakis tidak memiliki bunga.

Suasana hutan alami akan anda peroleh bila rumah anda dipenuhi dengan tanaman pakis dengan berbagai jenis ini.

Harus saya akui, petualangan saya dalam berburu tanaman pakis takkan pernah lengkap bila saya belum membaca sampai habis isi buku ini.

Leave a Reply

